Sabtu, 24 September 2016

Masjid Tiban Wonokerso





Whats up buddies? yew ( ngikut si David ah hahahahhah ), ternyata udah setahunan ya  ga nulis di blog. Lagi banyak kerjaan selama setahun ini, padahal banyak banget yang mau diceritain. hehehehe. But , wait, atu - atu dulu yak. Ini nyempetin buat nulis di sela - sela dateline yang bikin menua mendadak. hahhahahahaha ( lebay, ah )
Yups, untuk pemanasan kali ini, aku mau ceritain soal Masjid Tiban, Wonokerso.Masjid ini terletak di kecamatan Baturetno, Wonogiri. Yes, lewat jalur Wonogiri ke timur, sampai Ngadirojo, ambil arah ke Pacitan. Ga usah takut ga ketemu, sudah ada papan penunjuknya kok untuk ke tempat ini ( gini ni kalo habis main ga langsung ditulis, ada aja bagian yang kelupaan, maafin yak ) cuma kalian harus jeli aja, karena papannya ga terlalu gede. hehehehhehehe.O iya, dari jalan utama, belok ke arah kiri, masuk ke perumahan penduduk, di sini kita sempat tanya sama beberapa orang letak pasti masjid Tiban. Ternyata, dari jalan utama ga terlalu jauh lho. Oiya, pas ke sana tahun lalu jalannya masih bebatuan ya, diselingi dengan jalan semen. Jalurnya tidak terlalu lebar, tidak muat untuk dua mobil.
Masjid yang disebut lebih dulu dibangun dari pada Masjid Demak ini, diberi tambahan bangunan baru dibagian depannya, sedangkan bangunan aslinya masih terbuat dari papan. Antara bangunan lama dan bangunan baru dihubungkan dengan sebuah pintu, dimana untuk masuk ke bangunan lama kita harus agak menunduk. Konon, menurut cerita, masjid ini dikenal atau ditemukan pertama kali oleh R.M Sahid atau yang lebih kita kenal sebagai Pangeran Sambernyowo. Untuk tau sejarahnya, di Masjid ini ditempelkan cerita / sejarahnya yang disusun oleh Bapak Ngadijo.

Tak cuma bagian depannya saja yang berupa bangunan baru, tempat wudlunya pun termasuk bangunan baru. Untuk yang pengen tau, cuss aja langsung ya ke Dusun Wonokerso, Desa Sendangrejo, Kecamatan Baturetno, Wonogiri.
O iya keingat sama wejangan ibu KASI Dinas Pendidikan kemarin, kenali daerahmu sebelum memuji daerah lain. Yuk, explore Wonogiri :)

Bangunan Baru dan Bangunan asli Masjid Wonokerso dari samping
Bagian dalam banguanan baru dan pintu penghubung antara banguan baru dan banguan asli
Bagian dalam banguan baru dan pintu penghubung antara bangunan baru dan bagian lama

Bagian dalam banguan asli, beserta tempat imam dan mimbar
Atap dari bangunan asli

Bagian belakang masjid Wonokerso





Tidak ada komentar:

Posting Komentar