Minggu, 14 Juni 2015

Explore Danau Claket, lanjut Bendungan Colo ( Sukoharjo )

 DANAU CLAKET

Setelah beberapa kali gagal ke ni tempat, akhirnya hari ini nekat nyari ni tempat. Dari rumah jam 9 pagi,cuaca udah agak - agak anget menuju panas, nekat motoran aja. Setelah ngelewatin jalanan Wonogiri, lanjut Selogiri, nah lewat jalan Wonogiri - Sukoharjo ini, dari warung bakso mutiara ( warung yang lama, ya, bukan yang baru ) belok aja ke arah timur, ikuti jalannya lurus aja. Nanti ketemu sama desa Sendang Ijo, tetep lurus aja, sampe pas di pertigaan ada papan yang nunjukin ke beberapa tempat, salah satunya ke arah Claket, dari pertigaan itu jauhnya kira - kira 400m. Jalanannya agak sempit, tapi kalo buat motor tetep aman ajalah. Jalanannya sedikit rusak, di kanannya berupa perbukitan.
Nah di Claket ini ni, sesuai dengan yang tertulis di papan penunjuk arah " wisata air dan budidaya ikan", sayangnya untuk wisata airnya kayaknya udah ga jalan lagi, hanya di sebelah rumah dinas ( atau rumah penjaganya, ya? ) dibuat beberapa tempat pembibitan ikan ( kalo ga salah, hahahahhahaha ). Salah satu spot yang menarik untuk foto adalah jembatan kayu yang sengaja dibuat dari tepian danau ke tengah danau ( eh ga juga sih, masih agak di tepiannya juga, ga di tengah - tengah. hahahahhaahha ) yang berhadapan langsung sama bukit yang keren banget. Semacam bukutnya Teletubies. Sayangnya,dari danau ini kita ga bisa naik ke bukit. Mungkin ada semacam jalan ke bukit, tapi di sebelah selatan dari danau ( ga masuk area danau )
Pas sampai sini, eh ternyata tempat foto - fotonya lagi dipake sama dua cewek, alhasil ngantri dulu laahhhhh. Agak lama juga sih, tapi gapapa, udah kepalang tanggung sampe di sini, masa iya mau balik kanan bubar jalan.
Sebenernya, area danau ini ga luas-luas banget, bahkan sangat kecil untuk ukuran danau. Selain dimanfaatin untuk tempat ngadem ( di pinggirannya ada beberapa poho besar ), buat nongkrong, juga dimanfaatin buat mancing. Pas nyampe di sana tadi, ada beberapa orang bahkan anak - anak yang lagi mancing.





Petualang kecilku :)

Keren kan ?! :)
Untuk masuk ke area ini ga dikenakan biaya, hanya ketika foto dijembatan kayu nya, ada biaya sendiri.


BENDUNGAN COLO

Nah, habis dari Claket, langsung cusss ke Bendungan Colo, dari Claket balik lagi ke arah selatan, sampai pertigaan belok kanan. Ga terlalu jauh, sih. Nah di tepi jalanan menuju ke Bendungan Colo ada pohon - pohon besar. Dan setiap pohon, di bawahnya ada sepeda motor dana sepasang muda - mudi. Hehehehehehehe.
Seperti halnya bendungan - bendungan lain, bendungan Colo juga dimanfaatkan untuk sarana rekreasi. Ada deretan penjual dan permainan. O iya, untuk menuju ke area bermain dan lapak - lapak penjual itu, kita ngelewatin jembatan. Nah, di jembatan ini, di bagian tepinya, juga dimanfaatin buat nongkrong. x_x
Karena udah ga lagi musim hujan, debit airnya juga berkurang. Tapi dari air yang dangkal ini, kita bisa liat beton kotak - kotak dalam jumlah banyak ( kurang tau juga berapa jumlahnya ). Nah, karena airnya ga deras, ada juga anak - anak yang manfaati buat mainan air di sana.





Nah, buat yang ngerasa deket sama tempat - tempat ini, bolehlah buat jadi tempat alternatif untuk dikunjungi. Travelling itu ga harus ke tempat yang jauh dan berbudget besar :). Bisa jadi tempat - tempat sekelilingmu menyimpan keindahannya sendiri. :)

2 komentar: