Kamis, 10 November 2016

Goa Tanding




Selamat sore, Kawan! Long time no see ya ( halah hahahaha ), Beberapa hari lalu, aku baru aja nyamperin tempat baru. Setelah gagal nge-trip sama temen-temen yang tepar di saat mau jalan, ya akhirnya berangkat  ditemani sama adik dan anakku. Yup! bertiga aja. Hahahaha

By the way, kemarin aku pergi ke Goa Tanding, FYI tempat wisata ini tergolong baru, karena memang baru dibuka sekitar lebaran tahun ini. Berapa bulan, ya? ah, hitunglah sendiri. Goa Tanding ini terletak tak jauh dari Wisata Gao Pindul, kurang lebuh 500 m. Goa ini adalah hulu dari Pindul. Karena tergolong masih baru, tempat ini belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan. Seperti pas kemarin aku ke sana. Sampai di lokasi sekitar jam 13.30, dan pengunjung pada saat itu cuma kita aja. hehehehehe berasa private trip ya. Tempat wisata ini terletak di Gelaran 2, Bejiharjo, kecamatan Karangmojo, Gunung Kidul. Buka dari jam 08.00 - 16.00. Jika booking di luar jam itu tetep bisa kok, Guys. Bahkan malam pun, OK. Ya asal booking dulu ya. Sebelum ke sana pun , beberapa hari sebelumnya aku udan kontak-kontakan dulu sama pengelolanya ( cieeee jangan baper ). Kebetulan, aku dapat kontak personnya. Orangnya ramah kok, jadi tanya - tanya aja dulu ga masalah. Kalo udah OK , baru hubungi mereka lagi. Sedari pagi, mereka udah kontak aku, karena setiap kali ada pengunjung tim mereka akan menjemput di tempat yang ditentukan. Misal nih, kalo dari Jogjakarta lokasi penjemputan di Wonosari, sedangkan dari arah Praci lokasi penjemputan di SPBU Karangmojo. Atau kamu mau dijemput di tempat lain? Silahkan konsul saja ke mereka.

Stalaktit yang masih aktif



Di atas kita tu, ventilasi buatan



Goa ini termasuk gua horizontal di mana terdapat aliran sungai di dalamnya. Nama Goa Tanding ini berasal dari nama penemunya, namanya Mbah Tanding ( kalo ga salah namanya mbah Haryo Tanding.
Sampai sekarang Mbah Tanding ini masih sugeng ( hidup ) meski usianya sudah tua. Berawal ketika Mbah Tanding ingin memperdalam sumurnya yang pada waktu itu mulai kering ( tau kan daerah Gunung Kidul lahannya berupa karst ? ), mbah Tanding malah menemukan goa ini. Ketika ditemukan, goa ini tidak ada pintu masuknya. Nah setelah itu, ada tim dari pokdarwis yang masuk ke goa untuk melakukan pemetaan. Masuknya dari mana ? ya dari sumurnya Mbah Tanding. Untuk masuk ke dalam goa lewat sumur menggunakan tangga. Tangganya sampai belasan meter. Pemetaan di dalam goa selama 3 jam, mereka menyelam di dalam sungai goa. setelah 3 jam, di dalam air, mau naik lagi pake tangga pun susah, akhirnya mereka ditarik menggunakan tali. Setelah berbulan - bulan pemetaan, akhirnya dibuatlah mulut goa ( menurutku di sebelah selatannya sih ). Jadi mulut goa nya adalah buatan bukan alami. Pembukaan tempat wisata baru ini didanai oleh Owner dari Baskom ( Bakso Komplit ), yang di Jogja pasti pernah denger nama ini. Dari biaya pengeprasan bukit, dll. Investor baru "melepaskan" nya setelah Gao Tanding resmi dibuka. Goa ini dikelola oleh pokdarwis ( kelompok sadar wisata ), jadi tidak dikelola oleh perseorangan ya. Diharapkan, nantinya di sini hanya ada 1 pengelola saja. ( Setauku emang gitu aturannya, jadi kalo ada tempat wisata yang dikelola oleh banyak operator itu menyalahi aturan ) Pengelola Goa Tanding adalah Sadam wisata ( silhkan cek IG goa tanding )

Ada tangga tali, untuk naik ke goa kering di atas


Air terjun yang telah mengering
Angels Wing
 
Goa ini mempunyai panjang 450 m dengan kedalaman sungai bervariasi antara 1-8m. Sungainya sangat tenang, tapi hati-hati, ya, arus bawahnya kenceng. Diperkirakan di dalam sungai masih ada cabang ke goa lain. Jadi kalo ga ahli berenang, mending jangan coba -coba. Jika ingin masuk ke dalam sungainya wajib menggunakan peralatan diving. Di dalam goa ini kita bisa ngeliat stalagmit stalaktit. Banyak stalaktit yang masih aktif sampai sekarang. Di atap goa, banyal terdapat kelelawar kecil pemakan serangga, masyarakat setempat menyebutnya "kampret". Goa ini mempunyai 3 zona. Zona terang ( di mulut goa ), zona remang, terakhir zona gelap abadi. Ketika masuk ke dalam goa, kita menggunakan perahu karet, sepatu kita diganti dengan sepatu yang sudah disediakan, dikarenakan nanti sepatu kita basah. Di helm yang kita pakai, dipasangi headlamp. Karena di dalam goa memang gelap, tak ada cahaya. Hanya ada lampu di bagian sumur mbah Tanding dan ventilasi buatan yang waktu pengerjaannya butuh waktu 2 bulan, karena memang mereka harus membuat lubang di batuan padas sedalam 10 m!di sekeliling lingkaran terdapat tetesan air, konon katanya tetesan air ini membuat awet muda. Ada pulau - pulau kecil di dalam goa yang merupakan stalaktit yang jatuh dari atap gua. Ada pula dinding - dinding gua yang berbentuk seperti tirai, ada tiang goa, ada pula dinding goa yang berbentuk seperti angels wing ( sayap malaikat ), juga air terjun kecil yang sudah mengering. Ada pula di beberapa tempat, terdapat batuan kristal. Jika tidak hujan, air sungai di dalam goa juga jernih, sehingga kita bisa melihat ikan - ikan berenang di dalam sungai. Sayangnya, pas kesana habis hujan, jadi air sedikit keruh. Goa ini hanya memiliki satu pintu, pintu masuk sekaligus pintu keluar. Sampai di ujung gua ( yang merupakan pertemuan/ jalan masuk ke pindul, tapi tidak ada jalan tembus, hanya berupa celah. Jalan tembus menuju pindul berada di dalam air ) perahu karet putar balik menuju pintu masuk tadi.

Di mana kita ? :p



Gelap, kan? Ngeri, ga? Ga, lah !






Semacam tiang yang terbentuk karena stalaktitnya masih aktif, sampai sekarang.



Harga tiket masuk 150rb/orang. Untuk anak kecil, tidak dihitung ya. Tiket seharga 150rb ini sudah termasuk cave boating, fish therapy, juga semangkuk bakso komplit plus minumannya ( tinggal pilih mau es jeruk, esteh, atau teh panas ). Jika menginginkan dokumentasi, tambah biaya lagi 150rb. Di sini juga ada offroad tarif berkisar 350-400rb (seingatku, ya ) hhehhehehehee.

Ujung Goa Tanding yang merupakan jalur menuju Pindul




Sebagai tempat wisata baru, fasilitas di sini sudah lengkap. Mulai dari tempat parkir, kamar mandi, maupun musholla. Yups, untuk yang suka jalan - jalan, pastikan Goa Tanding kalian masukkan ke dalam list liburan kalian ya. : D





































Tidak ada komentar:

Posting Komentar