Selasa, 11 Agustus 2015

Lepo Waterfall, Dlingo, Bantul



Air terjun Lepo ini terletak di daerah Bantul. Bisa ditempuh lewat jalan Imogiri. Kalau kita mau ke Sri Gethuk, kita melalui jalur menuju air terjun Lepo.Jalanan menuju ke Lepo masih terhitung sepi. Melewati perkebunan-perkebunan warga. Jalanannya sempit, apalagi jalan menuju ke lokasi Lepo, jalanannya belum beraspal.
Lepo termasuk destinasi wisata baru di propinsi D.I Yogyakarta,pengunjungnya belum sebanyak Sri Gethuk. Bahkan Lepo belum dikelola oleh pemerintah maupun investor. Lepo dikelola secara swadana oleh masyarakat sekitar. Tempat parkirpun belum ada, masih "menitip" di rumah warga. Tapi tetep ya, kita harus bayar biaya titipnya. Dari jalanan menuju ke lokasi air terjun harus berjalan  kaki sekitar 100m. Tidak terlalu jauh, sih. Di kanan jalan terdapat perumahan jalan.
Karena masih dikelola swadana dan termasuk tempat wisata baru, unruk masuk ke Lepo tidak dikenakan biaya masuk, kita boleh menyumbang seikhlas kita di sebuah kotak yang sudah disiapkan. Tapi meskipun tempat baru, fasilitas ( seperti musholla dan kamar mandi ) sudah cukup memadai. Kalopun lapar atau haus, jangan khawatir, ada banyak kios di sini.

Air terjun Lepo terdiri dari 3 tingkat. Disetiap tingkatnya kalian bisa berenang, tapi harus hati - hati, ya, karena terdapat bagian yang dalam. Untuk anak - anak harus diawasi orang tua, boleh juga menggunakan ban. Karena di sini juga ada persewaan ban.

Lepo Tingkat 1

Lepo Tingkat 2

Ada yang berenang juga :)


Lepo Tingkat 3


Di sebelah selatan dari Lepo, terdapat aliran sungai Oya / Oyo yang rencananya nanti ( menurut info dari ibu - ibu yang jualan di salah satu kios ) nantinya Lepo akan ditembus langsung ke aliran sungai Oya / Oyo. Dari ibu ini pula, aku dapat informasi kalau, meskipun musim kemarau, Lepo tidak mengering, meskipun alirannya memang agak mengecil, dikarenakan Lepo mempunyai "Tuk" ( mungkin maksudnya adalah sumber air ).
Meskipun Lepo belum seramai tempat wisata lain yang lebih terkenal di Jogja, tapi peminatnya sudah cukup banyak, meskipun baru sebatas wisatawan lokal. Bahkan, pagi hari ( sebelum saya datang, ni ) ada rombongan wisatawan dari Kalimantan.
Nah, untuk kalian yang ingin berwisata ke tempat baru, Lepo adalah salah satu destinasi yang patut diperhitungkan.
 Lepo, the hiden paradise


Airnya berwarna tosca

Tidak ada komentar:

Posting Komentar